Senin, 12 November 2007

rpp-inggris

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Jenjang : SMP
Kelas/Semester : VII/I
Alokasi waktu : 9 x pertemuan (18 jam pelajaran)
Jenis Teks : Deskripsi Teks

A. STANDAR KOMPETENSI
Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana menolong pendek yang berbentuk deskriptif sederhana.
B. KOMPETENSI DASAR :
1. Mendengarkan
Memahami wacana monolog lisan pendek berbentuk deskriptif sederhana.

2. Berbicara
Mengungkapkan monolog lisan dalam wacana berbentuk deskriptif.

3. Membaca
Memahami manusia makna dan langkah-langkah pengembangan retorika dalam teks tertulis berbentuk deskriptif.

4. Menulis
Mengungkapkan nuansa makna dengan langkah pengembangan retrika yang baru dalam teks tertulis berbentuk deskriptif.

C. INDIKATOR
1. Tindakan Bahasa
1.1 Mendengarkan
· Bereaksi atau merespon dengan benar terhadap wacana monolog deskriptif yang di dengar, dibaca, diceritakan, dengan bantuan gambaran atau riil object

1.2 Berbicara
· Mendiskripsikan benda, orang atau tempat secara sederhana
· Melakukan monolog lisan dalam bentuk deskriptif sederhana
1.3 Membaca
· Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang menunjang pemahaman, pendengarannya.
· Mengidentifikasi gagasan utama yang mendukung informasi actual.
· Mengidentifikasi langkah-langkah retrika dalam wacana deskriptif (struktur) generik.

1.4 Menulis
· Menulis kalimat-kalimat deskriptif sederhana.
· Menyusun teks deskriptif.
· Menulis teks yang didektekan.
· Menulis teks deskriptif.

2. Kompetensi Lunguistik
2.1 Mengucapkan kata dan fakta dengan tekanan yanghgffggxb benar.
2.2 Mengucapkan kalimat dengan intonasi yang benar.
2.3 Menggunakan dengan tepat:
· Simple Present Tense, Frasa adjective, verbs (hore, be) kosa kata yang terkait, lafal dan ejaan bilangan.

3. Kompetensi Pembentukan Wacana
3.1 Memahami, menggunakan dengan tepat : tanda baca, pronous
3.2 Menyusun dan menyalin kalimat acak menjadi teks deskriptif yang runtut.
3.3 Mengidentifikasi bagian pembuka, isi dan penutup sebuah teks deskriptif.
3.4 Piranti kohesi.
3.5 Menciptakan struktur teks yang bertema dalam teks destkrif.


4. Kompentensi Sosio Kultur.
4.1 Menggunakan ungkapan : Excase me, sorry, thank you, please disaat yang tepat.
4.2 Menggunakan istilah panggilan.
4.3 Mengambil giliran bicara atau memilih diam disaat yang tepat.
4.4 Memperlihatkan perhatian ketika orang lain berbicara.

5. Kompetensi Strategi.
5.1 Bertanya kepada lawan bicara.
5.2 Bekerja sama dengan teman.
5.3 Menggunakan fillers seperti : mm, ……………., well ………………..
5.4 Menebak makna dari konteks komunikasi.
5.5 Meminta bantuan dari guru dan orang yang lebih menguasai atau berpengalaman.
5.6 Menggunakan kamus.

6. Sikap.
6.1 Berinisiatif untuk berlatih dengan teman.
6.2 Berinteraksi dengan teman.
6.3 Berani mengungkapkan pendapat.
6.4 Antusias.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mendengarkan
Siswa dapat :
· Bereaksi atau merespon dengan benar terhadap wacana monolog deskriptif dengan bantuan gambar atau real object.
2. Berbicara
Siswa dapat :
· Mendiskripsikan benda secara sederhana.
· Mendiskripsikan orang secara sederhana.
· Mendiskripsikan tempat secara sederhana.

3. Membaca
Siswa dapat :
· Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang benar.
· Menemukan gagasan utama dari teks deskriptif.
· Menemukan informasi faktual dari teks deskriptif.
· Menemukan gagasan pendukung dari teks deskriptif.
· Menemukan makna kata tertentu dari teks deskriptif.
· Menemukan informasi rinci dari teks deskriptif

4. Menulis
Siswa dapat :
· Menulis kalimat-kalimat deskriptif sederhana.
· Menyusun teks deskriptif.
· Menuliskan teks yang didektekan.
· Menulis teks deskriptif.

E. MATERI POKOK
1. Articles ( a, an, the )
2. Prepositions ( on, at, in ……….)
3. There + be + singular / plural.
4. Personal Adjective ( my, your, his, her ……)
5. Modals ( can, would ………)
6. Numbers ( ordinal, cardinal )
7. Simple present Tense

F. STRATEGI PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 : (BKOF (lisan)
Kegiatan Pendahuluan
- Tanya jawab dengan menggunakan possessive adjective dan simple Present Tense
Kegiatan Inti
- Mengenal kosa kata yang terkait dengan possessive adjective.
- Mengucapkan possessive adjective dengan benar.
- Memberi contoh kalimat yang berpolakan simple present tense.
- Mengidentifikasi kalimat-kalimat yang menggunakan simple present tense.
- berinteraksi untuk meminta dan memberi informasi faktual.
Kegiatan Penutup
- Menyimpulkan possessive dan simple present tense.
- Memberikan penekanan terhadap adjectives – adjectives yang akan digunakan dalam pembelajaran berikutnya.
Pertemuan 2 : MOT (lisan)
1. Kegiatan awal
- Mengamati gambar yang diberikan.
- Bertanya jawab tentang gambar yang diberikan.
1. Kegiatan Inti
- Menperdengarkan deskriptif teks tentang gambar.
- Menjawab pertanyaan untuk menemukan gagasan utama.
- Menjawab pertanyaan untuk menemukan informasi faktual.
- Menjawab pertanyaan untuk menemukan informasi pendukung.
- Menjawab pertanyaan untuk menemukan makna kata tertentu.
- Menjawab pertanyaan untuk menemukan informasi rinci.

2. Kegiatan Penutup
- Memberi tugas mencari satu gambar untuk didiskripsikan secara lisan didepan kelas.
Pertemuan 3
A. Pendahuluan
Membahas tugas siswa/PR yang telah diberikan atau mendiskripsikan benda / orang dengan menggunakan possessive adjective dalam pola simple present tense.
B. Kegiatan Inti
1. Siswa mendiskripsikan kelasnya sendiri secara berkelompok atau berpasangan secara lisan.
2. Siswa mendiskripsikan orang atau benda dengan secara sederhana
secara lisan dengan menggunakan possessive adjective dalam bentuk simple present tense.
C. Penutup
Siswa mampu membuat kalimat-kalimat (teks) dengan pola Simple Present Tense dan menggunakan Possessive Adjective secara berkelompok.
Pertemuan 4 + 5 : ICOT (lisan)
A. Pendahuluan
- Memperkenalkan diri di dalam kelas.
B. Kegiatan Inti
1. Mendiskripsikan ciri-ciri orang melalui gambar di depan kelas.
2. Menanggapi keterangan yang diberikan teman (misal dengan bertanya) secara individu secara lisan.
C. Penutup
Dapat mendiskripsikan keluarganya sendiri di depan kelas secara lisan.
Pertemuan 6 : BKOF (Tulis)
A. Pendahuluan
- Mengingatkan kembali materi yang sudah diajarkan untuk menjembatani pada materi yang baru.
B. Kegiatan Inti
1. Membahas
· Possessive (my, your, her, his )
· Pronoun ( I, she, he, it )
· Singular plural (there + be)
· Adjective, modals
2. Membahas Tense
Simple present tense ( I, have/like, she has/likes)
C. Penutup
1. Berlatih mengucap kata-kata sulit
2. Siswa menyebutkan benda-benda yang ada disekitar rumahnya sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan 7 : MOT (Tulis)
A. Pendahuluan
· Mendengarkan teks lisan pendek untuk memotivasi siswa dalam menggunakan kalimat yang benar (passessive, to do adjective).
B. Kegiatan Inti
· Memutarkan cassette/vcd.
· Tanya jawab.
· Membahas isi contoh teks.
C. Penutup
· Menyusun kalimat acak menjadi paragrap yang urut dan bermakna
.

Pertemuan 8 : JCOT (Tulis)
A. Pendahuluan
· Mendiskripsikan benda-benda yang ada disekitarnya secara kelompok.
B. Kegiatan Inti
· Mendiskripsikan kelas mereka secara kelompok.
· Membahas kalimat simple present tense.
C. Penutup
· Mendiskripsikan teman dikelasnya secara inpairs.
Pertemuan 9 : ICOT (Tulis)
A. Penduluan
· Membahas pekerjaan rumah tentang tense yang sudah dipelajari.
B. Kegiatan Inti
· Mengidentifiksi kesalahan kalimat simple present tense.
· Membetulkan kalimat dengan menuliskan di papan tulis.
C. Penutup
· Membuat teks monolog deskriptif sederhana secara individu.

G. SUMBER BELAJAR.
1. Kurikulum 2004 (KBK)
2. Kamus
3. Outentik Material
4. Gambar
5. Riil object.
6. Buku tulis yang relevan.

H. PENILAIAN.
1. Jenis Tagihan.
1.1 Tes.
1.2 Non tes.
2. Tekhnik
2.1 Kuis.
2.2 Observasi
2.3 Tanya jawab
2.4 Unjuk

3 Bentuk Instrumen
3.1. Tes : menjawab pertanyaan, melengkapi kalimat menular bentuk kata kerja dalam “Simple Present Tense”.
3.2. Non Tes : Pertanyaan lisan, rubrik.




Mengetahui, Peterongan, 17 Juli 2006
Kepala SMP Negeri 3 Peterongan Guru Mata Pelajaran,




Drs. H. M. BILAL, M.Pd.I MUNAWAROH, S.Pd.
Nip. 131 611 465 Nip. 510 141 113